-->
segera install Resep Lengkap ini di android Anda KLIK

Resep Nasi Tim Ayam Kuning (Usia 9-12 bulan)

- Juni 23, 2016
Hello Bunda semua, semoga baik selalu ya. Begitu juga bayi-bayinya yang mungil semoga sehat selalu dan semakin menggemaskan. Oya bunda, kali ini BUMMBU sebagai media berbagi Resep Masakan Bunda akan membagikan resep tentang cara membuat nasi tim ayam kuning. Resep ini khusus untuk bayi yang berusia 9-12 bulan.

Resep Nasi Tim Ayam Kuning (Usia 9-12 bulan)
Bunda, perlu diketahui bayi yang sudah menginjak usia 9-12 bulan, harus sudah dilatih untuk mengonsumsi makanan yang berserat. Hal itu agar selain merangsang pencernaan bayi menjadi optimal juga agar bayi nantinya siap untuk mengonsumsi makanan seperti nasi pada usia yang tepat. Oleh karenanya, Bunda perlu menyajikan menu yang lezat, bergizi, dan juga sesuai dengan usia bayi.

OK, langsung saja untuk membuat nasi tim ayam kuning ini sangatlah mudah dan praktis. Walau demikian, kandungan gizinya sangat tinggi dan dapat menunjang pertumbuhan bayi bunda semua.Hello bunda, resep makanan bayi kita kali ini adalah Nasi Tim Ayam Kuning. Resep ini diperuntukkan bagi bayi usia 9-12 bulan. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis, namun memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan dapat menunjang perumbuhan bayi kita.

Salah satu bahan dalam membuat resep nasi tim ayam kuning adalah daging ayam. Daging ayam kaya akan kandungan protein, selenium, zat besi, dan vitamin B kompleks yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Jika dirangkum semua, berikut adalah nilai gizi per porsi dari menu nasi tim ayam kuning yang akan kita bagi nantinya:
  • Energi: 872.1 Kkal (348.8 Kkal untuk 5 porsi)
  • Protein: 42 gram (16.8 gram untuk 5 porsi)
  • Lemak: 31.9 gram (12.8 gram untuk 5 porsi)
  • Karbohidrat: 99.4 gram (39.8 untuk 5 porsi)

Adapun untuk membuat resep nasi tim ayam kuning (usia 9-12 bulan) adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan Nasi Tim Ayam Kuning (Usia 9-12 bulan)

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat Nasi Tim Ayam Kuning (5-6 porsi):
  • 1/4 ekor ayam, pisahkan daging dari tulangnya
  • 250 gram beras, cuci
  • 11/2 liter air
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
Selanjutnya, haluskan bahan-bahan berikut:
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 cm kunyit

Bahan Pelengkap Nasi Tim Ayam Kuning

  • 1 tangkai daun bawang, iris halus

Cara membuat Nasi Tim Ayam Kuning (Usia 9-12 Bulan)

  1. Rebus tulang ayam bersama air sampai menjadi kaldu sebanyak 1.250 ml. Sisihkan
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan potongan daging ayam dan berad yang sudah dicuci. Aduk rata. Masukkan 500ml kaldu ayam. Masak sampai beras menjadi aronan. Angkat.
  3. Siapkan mangkuk aluminium. Oles bagian dalamnya dengan minyak goreng. Masukkan aronan ke dalamnya sampai 1/2 bagian mangkuk. Beri kaldu sampai 2/3 mangkuk. Kukus selama 1 jam atau sampai matang. Angkat.
  4. Panaskan sisa kaldu. Beri irisan daun bawang. Angkat. Sajikan nasi tim ayam kuning bersama kaldu panas.
Demikianlah bunda, resep Nasi Tim Ayam Kuning (Usia 9-12 bulan). Semoga resep makanan bayi kali ini bisa membantu Bunda semua untuk memberikan yang terbaik buat bayinya. Selamat mencoba dan silahkan lihat juga resep-resep makanan bayi lainnya dengan usia yang sama agar bayi tidak merasa jemu. ^_^
Sumber: makananbayiku.com
 

Start typing and press Enter to search