-->
segera install Resep Lengkap ini di android Anda KLIK

Tips Menyajikan Puree Buah dan Sayuran Untuk Bayi

- April 01, 2016
Halo bunda, kali ini kita akan membahas tips bagaimana menyajikan puree buah dan sayuran untuk bayi kita. Puree adalah salah satu jenis asupan yang bisa kita berikan pada bayi, dan tentu harus disajikan dengan cara yang tepat. Bahan untuk membuat puree biasanya dari sayuran atau buah.

Puree Buah dan Sayuran Untuk Bayi

Berikut ini beberapa tips yang bunda harus perhatikan dalam membuat/menyajikan puree untuk bayi:

  • Sebaiknya bunda memilih buah dan sayuran organik untuk mengurangi risiko zat kimia berbahaya yang mungkin terkonsumsi.
  • Jangan mengukus atau merebus buah dan sayuran terlalu lama agar nutrisi penting tidak hilang selama proses tersebut.
  • Puree buah biasanya lebih mudah disukai anak. Oleh karena itu, berikan puree sayuran lebih sering agar anak terbiasa dengan rasa langu dari sayuran.
  • pada tahap awal pemberian makanan padat, berikan satu jenis puree buah atau sayur saja. Tujuannya, agar anak lebih mudah menerima rasa makanan. Jika terlalu banyak kombinasi, biasanya makanan terasa aneh sehingga anak tidak suka. Kombinasi lebih dari satu jenis dapat diberikan jika anak sudah terbiasa dengan rasa buah atau sayur yang dikombinaikan.
Selain itu, penting juga bunda ketahui bahwa:
  1. Puree buah dan sayuran dapat langsung dibuat dalam jumlah banyak. Untuk memudahkan penyajian, bagi menjadi beberapa bagian sesuai porsi. Masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer. Jika akan digunakan, keluarkan dari freezer tanpa membuka tutup kemasan agar puree tidak terkontaminasi. Diamkan hingga puree lunak. Jika diperlukan, hangatkan dengan merendam wadah di dalam air hangat.
  2. Jangan menyimpan puree terlalu lama di dalam freezer lebih dari dua minggu agar tetap terjaga kesegarannya.
Nah, demikianlah beberapa tips dalam menyajikan puree buah dan sayuran untuk bayi.  Semoga tips di atas bermanfaat bagi bunda ya. Sampai jumpa. ^_^
 

Start typing and press Enter to search